Brazil adalah mitra dagang utama Indonesia di kawasan Amerika Selatan yang memiliki sejumlah kesamaan. Kedua negara memiliki kesempatan untuk saling belajar dan bertukar pikiran satu sama lain, termasuk dalam hal pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan lahan, mekanisasi pertanian, dan peningkatan produktivitas.

Komite Bilateral Brazil diharapkan untuk dapat memperkuat kerja sama yang telah terjalin, sebagai negara dengan populasi terbanyak keempat dan kelima di dunia, dan memiliki potensi untuk berbagi sumber daya dari masing-masing negara melalui suatu hubungan dagang yang kuat, khususnya di bidang pertanian. Tentunya, kedua negara menjadi pemain utama dalam pasar global, karena menjadi produsen terbesar di dunia untuk beberapa komoditas dunia.

Di bawah Departemen Hubungan Internasional, Komite Bilateral Brazil diresmikan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Bapak Rosan Roeslani, sebagai sebuah komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis, ekonomi bilateral dan hubungan bisnis antara Indonesia dan Brazil. 

KADIN Komite Bilateral Brazil untuk periode 2017 – 2022 di pimpin oleh Bapak Anderson Tanoto Direktur dari RGE Group.

Tujuan, Visi, dan Misi dari KADIN Komite Brazil adalah:

  • Sebagai saranan untuk membangun komunikasi dan interaksi yang berkelanjutan dengan Kedutaan Besar Brazil.
  • Mendukung Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan hubungan dagang dengan Brazil, sekaligus memperkuat hubungan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Brazil.
  • Mendorong kegiatan perdangangan dan investasi serta, meningkatkan pengetahuan tentang  perusahaan-perusahaan yang ada dari kedua negara.
  • Untuk membantu mempromosikan produk-produk dan acara kebudayaan Indonesia di Brazil.